Rabu, 10 Agustus 2016

Perbedaan Aplikasi Sing! Karaoke by Smule di Android dan Apple (iPhone, iPod, iPad, Mac OS)

Karaoke by Smule" merupakan Aplikasi Karaoke Terbaik untuk HP Smartphone Android saat ini. Memiliki database artis dan lagu yang lengkap (bahkan bisa ditambahkan sendiri), juga memiliki fitur yang lengkap, dari berbagai efek suara, sinkronisasi musik dan vocal, hingga memungkinkan untuk duet dengan pengguna lain, menjadikan aplikasi ini sebagai salah satu sosial media pertemanan dengan konsep yang baru. Jadi, selain bisa untuk bernyanyi berkaraokean, kita juga bisa mendapatkan teman-teman baru yang direkomendasikan oleh Aplikasi ini berdasarkan kesamaan jenis musik maupun teman yang sama. Selain bernyanyi sendirian, kita juga bisa mengundang teman untuk berduet bersama kita atau kita bisa join ke lagu yang telah disiapkan seseorang untuk berduet, nanti akan saya ulas lebih lengkap di bagian bawah.
Sebetulnya aplikasi Sing! Karaoke ini sudah ada sejak lama yang awalnya hanya tersedia untuk pengguna Mac OS ,iPhone, iPod, dan iPad. Kemudian barulah tersedia untuk android sejak beberapa tahun yang lalu namun baru akhir-akhir ini kembali booming sejak ada pemberitaan di media tentang video seorang pengguna Smule yang berduet dengan Jessie J menyanyikan lagu Flashlight dengan sangat baik.
Nah, bagi para pembaca yang ingin tahu lebih banyak tentang aplikasi ini, berikut ini saya persembahkan tutorialnya secara lengkap... Namun tutorial ini lebih saya fokuskan untuk para pengguna Android.

Perbedaan Aplikasi Sing! Karaoke by Smule di Android dan Apple (iPhone, iPod, iPad, Mac OS)

Singkat saja, perbedaan yang paling menonjol adalah dalam hal fitur. Sudah pasti aplikasi untuk OS Apple memiliki fitur yang lebih komplit, misalnya saja tersedianya efek mode vocal yang lebih banyak dan lebih baik, dan juga tersedia fitur Video Cover, jadi kita bisa berkaraoke sambil mengambil video aksi kita menggunakan kamera depan iPhone, baik itu untuk bernyanyi sendiri, berduet, maupun Group Performance. Fitur yang cukup menarik, sayangnya belum tersedia untuk HP Android.
Kemudian apabila Anda melakukan kesalahan saat bernyanyi menggunakan iPhone dan ingin mengulang, maka Anda hanya mengulang bagian terakhir dimana Anda melakukan kesalahan tersebut. Berbeda dengan android dimana apabila Anda melakukan kesalahan dan ingin mengulanginya maka Anda harus mengulanginya dari awal. Kemudian apabila Anda rekaman menggunakan iPhone, maka Antara suara Anda (input vocal) dan musik sudah pasti pas (sudah pasti sinkron), Anda tinggal melakukan seeting volume dan memilih vocal FX kemudian bisa langsung di save. Berbeda dengan Android, Anda harus melakukan sinkronisasi antara input vocal dan musik. Nah disini banyak pengguna baru yang melewatkan langkah sinkronisasi ini sehingga banyak yang mengeluhkan, "kok suaraku kecepetan ya", "kok suaraku udah muncul duluan padahal musiknya belum dimulai", "kok ketukannya tidak pas ya", "kok suaraku ketinggalan ya padahal musiknya udah dimulai", dan lain sebagainya... Dimana keluhan-keluhan tersebut diikuti dengan kalimat, "Padahal ketika nyanyi udah pas kok hasilnya kayak gini sih...". Nah, inilah masalah serius yang dihadapi oleh para pengguna android. Jangankan kok pengguna baru, para pengguna lama pun masih kesulitan untuk mensinkronkan antara input vocal dan musik. Padahal mereka sudah melakukan proses sinkronisasi, namun setelah di-save kok hasilnya masih belum sinkron. Untuk mengatasi masalah sinkronisasi ini, saya punya solusinya, silahkan Anda baca pada bagian Tips & Trik di bagian akhir artikel ini.
Kemudian pada iPhone, di halaman profil terdapat TAB Favourite (Playlist), TAB ini sangat berguna untuk mempromosikan penampilan atau cover-cover terbaik untuk ditonjolkan, sehingga orang yang mengunjungi halaman profil kita tidak akan bingung seperti ketika membuka TAB Recording (Channels) yang berisi ribuan Covers. Sayangnya TAB ini belum tersedia untuk pengguna Android.
Kemudian perbedaan yang lain adalah... Harga berlangganan Smule untuk user VIP, harganya cukup mencolok, silahkan lihat berbandingannya pada picture di bawah ini, para pengguna Apple dikenai biaya berlangganan jauh lebih mahal. Apa sih maksudnya user VIP? dan apa perbedaannya dengan user biasa (non VIP)? Baca terus sampai selesai ya... Ada kok di bagian bawah... 
Biaya Langganan VIP Smule di Android
Biaya Berlangganan VIP Smule di iPhone

Cara Mendaftar (Registrasi) dan Login Ke Aplikasi Sing! Karaoke by Smule

Ada 3 (tiga) cara yang bisa Anda lakukan untuk registrasi akun Smule, yaitu cara cepat, cara normal, dan Registrasi Melalui Aplikasi Sing! Smule.
1. Cara Cepat, 
Apabila Anda membaca artikel ini menggunakan browser, dan sudah login menggunakan akun facebook..
Caranya, Silahkan klik/kunjungi halaman profil saya berikut ini: LOGIN SMULE 
Anda akan dibawa ke halaman seperti di bawah ini:
Lalu Anda klik / pilih "Login" atau pilih "+Follow", Anda akan dibawa ke halaman berikut ini:

Kemudian pilihlah "Sign In with Facebook", maka Anda akan dibawa ke halaman konfirmasi Facebook Anda. Apabila Anda belum login, Anda akan dimintai email dan password Facebook Anda. Klik OK, dan lanjutkan hingga selesai. Maka Anda sudah berhasil membuat Akun Smule secara cepat tanpa harus melakukan konfirmasi melalui email, dan juga Anda sudah otomatis memfollow saya, sehingga Anda sudah bisa Join ke semua lagu Open Call dari saya secara gratis, tanpa harus berlangganan VIP. Silahkan lanjutkan membaca ke bagian "Cara Menggunakan Aplikasi Sing! Karaoka by Smule".
2. Cara Normal,
Caranya hampir sama dengan cara di atas, Silahkan Anda kunjungi www.smule.com, kemudian pilih login, maka Anda akan dibawa ke halaman berikut ini: 
Pilih / Klik pada "New Account", lalu Anda akan dibawa ke halaman registrasi seperti berikut ini:
Pada Bagian Handle silahkan Anda isi dengan username yang akan Anda gunakan, misalnya benikey. Username ini juga akan berpengaruh dengan link alamat profil Smule, sebagai contoh, username saya benikey, maka link halaman profil saya adalah www.smule.com/benikey. gunakanlah username yang pendek dan mudah diingat. Lalu masukkan alamat email yang Anda gunakan, dan juga password smule Anda, passwordnya kalau bisa jangan sama dengan password email ya. Lalu ada kalanya Handle (username) sudah dipakai orang lain. Untuk itu gantilah Handle dengan username yang masih tersedia. Bila sudah berhasil, Anda akan mendapat email konfirmasi. Email tersebut harus Anda buka dan klik pada bagian konfirmasi agar akun Smule Anda segera aktif. Sedikit lebih ribet.

3. Registrasi Melalui Aplikasi Sing! Smule,
Sebetulnya ini adalah cara mendaftar paling mudah apabila Anda tidak sedang membaca artikel ini melalui browser. Anda tinggal menginstal aplikasinya kemudian setelah terinstal Anda bisa registrasi dengan  menggunakan Email, atau Langsung Login menggunakan akun Facebook atau Google+ yang telah aktif di Smartphone Android Anda.

Menginstal Aplikasi Sing! Karaoke by Smule di Android

Silahkan install aplikasi Sing! Karaoke by Smule langsung melalui Google Play, atau klik pada link berikut ini biar lebih cepat.
https://play.google.com/store/apps/details?id=com.smule.singandroid
Dan apabila Smartphone Android Anda tidak kompatible, silahkan instal secara manual, download file apk-nya melalui link di bawah ini:
Download File Apk Sing! Karaoke by Smule versi 3.1.6.apk..
Setelah terinstal maka akan muncul icon shortcut bergambar mikrofon dengan tulisan Sing! seperti pada gambar di bawah ini:



Perbedaan Pengguna VIP dan Bukan VIP (Non VIP) Pada Aplikasi Sing! Karaoke by Smule

Sebelum menjadi user VIP, Anda tentu sudah mempertimbangkan biayanya. Karena sebetulnya tanpa harus menjadi pengguna VIP pun Anda sudah bisa bersenang-senang dan bernyanyi gratis dengan cara join Open Call (duet) ke pengguna VIP yang lain. Namun tentu Anda harus sedikit repot (Nanti akan saya beri tahu caranya di bab berikutnya). 
Dengan menjadi pengguna VIP Anda memiliki akses ke semua lagu yang tersedia di aplikasi Sing! Smule, Anda bisa berkaraoke sendiri, atau bisa juga membuat Open Call yaitu panggilan / ajakan duet ke pengguna lain (termasuk yang bukan teman Anda) yang tentunya juga mengetahui lagu yang Anda maksudkan. Open Call tersebut sangat berguna bagi para pengguna lain, khususnya yang bukan VIP. Cara tersebut dapat memancing pengguna lain untuk memfollow Anda agar bisa sering Join Open Call yang Anda buat...
Sebuah keuntungan tentunya dengan menjadi member VIP, apalagi biaya berlangganan menjadi member VIP Sing! Karaoke by Smule untuk pengguna android cukup terjangkau, yaitu sekitar Rp. 12.000 per bulan dan Rp. 95.000 per tahun. 
Namun apabila Anda hanya sekedar ingin bernyanyi dan bersenang-senang, cukup Join saja ke Open Call yang tersedia, tanpa harus berlangganan VIP...
Tanpa join ke Open Calls, Anda hanya bisa berkaraoke menyanyikan lagu-lagu yang masuk kategori gratis yang kebanyakan kurang oke...
Selain bisa mengakses semua lagu, pengguna VIP juga memiliki akses mode Studio FX pada bagian editing Vocal FX (efek suara) sebelum lagu disimpan. Bisa Anda lihat berbagai pilihan Vocal FX lain pada gambar di bawah ini. Kalau Anda tidak begitu suka dengan mode efek Studio, masih ada pilihan mode yang lain yang bisa dipakai secara gratis tanpa harus berlangganan VIP. 
Efek Studio Hanya Tersedia Untuk Pengguna VIP

Masih Ada Efek POLISH, POP STAR, INDIE, STAR DUST, dan GRUNGE yang bisa dipakai secara gratis

Cara Berlangganan Menjadi Member/User VIP di Aplikasi Sing! Karaoke by Smule di Android

Pertama-tama pilihlah sembarang lagu misalnya lagu pada tab (kategori) Recommended atau VIP only, Lalu saat Anda klik "Sing" maka akses Anda ditolak, lalu Anda akan diarahkan untuk berlangganan VIP, ada 2 pilihan, yaitu per bulan (Rp 12.000) atau per tahun (Rp. 95.000), pilih salah satu. 
Lalu Anda akan diarahkan ke billing servis di Google Play. Apabila Anda sudah pernah membeli aplikasi berbayar di Google Play, maka Anda hanya diminta persetujuan dengan memasukkan password akun Google Anda, karena Anda sudah melakukan pengaturan Billing pada Akun Anda. Tetapi apabila ini adalah untuk pertamakalinya, maka Anda akan dipandu untuk melakukan pengaturan Billing pada akun Anda, bisa menggunakan Kartu Kredit maupun Paypal. Apabila Anda pengguna kartu XL atau Axis, Anda bisa melakukan pembayaran dengan cara pemotongan pulsa sebesar biaya yang dipakai untuk berlangganan. Lanjutkan hingga selesai...

Yang Perlu Dilakukan Pertamakali Setelah Membuat Akun Smule dan Menginstal Aplikasi Sing! Karaoke by Smule

Silahkan Anda jalankan Aplikasi Sing! Karaoke by Smule yang telah Anda instal. Kemudian Login menggunakan akun yang sudah Anda buat atau melakukan registrasi (apabila belum memiliki akun Smule). Setelah Anda berhasil Login, pertama kali yang sebaiknya Anda lakukan adalah melakukan Setting akun dan Setting Profil. Klik pada tiga buah titik pada bagian atas (tepat di bawah jam) sehingga muncul menu Settings, Smule Apps, dan Help.
Kemudian Anda pilih Setting. Maka Anda akan diminta untuk memasukkan beberapa parameter pengaturan seperti terlihat di bawah ini.
Klik pada bagian foto untuk mengupload foto yang akan dijadikan foto profil Anda.
Kemudian pada bagian "Personal Message" bisa Anda isi semisal "Saya suka musik dangdut, yang hobby dangdut follow saya dong" atau "Suara saya jelek, tapi saya suka bernyanyi untuk bergembira", atau bisa tulisan lainnya..
Kemudian pada sosial setting, Silahkan Anda aktifkan, klik login ke Facebook, kemudian Twitter , lalu Google+. Pengaturan ini berguna saat Anda hendak membagikan (share) secara cepat rekaman yang Anda buat.
Pada Bagian Login Info, Anda bisa mengganti alamat email, mengganti username, dan mengganti password. Jangan lupa untuk meng-klik Submit Changes...
Setelah Selesai melalukan pengaturan profil, kini Anda sudah siap untuk berkaraoke Ria, namun ada baiknya Anda mengenal terlebih dahulu tampilan user interface aplikasi Sing Karaoke by Smule ini.

Mengenal User Interface (Antar Muka) Aplikasi Sing! Karaoke by Smule pada Android

Setiap kali membuka aplikasi Sing! Karaoke by Smule (untuk selanjutnya cukup saya tulis 'Sing!') kita langsung masuk pada tab menu Sing!, artinya setiap kita masuk kita dianggap akan bernyanyi. Dalam Tab Sing tersebut ada pilihan Lagu-lagu yang masuk kategori 'Recommended' , 'Top Hits' , Community', dan yang lainnya seolah menjadi menu utama padahal bukan, itu hanyalah Sub Menu, sedangkan menu utamanya adalah Tab Sing. Sebetulnya ada 5 Tab utama pada aplikasi Sing! ini (pada Android), Yaitu Tab Feed, Tab Listen, Tab Sing, Tab Notifications, dan Tab Profile. Silahkan Anda lihat pada gambar di bawah ini, perhatikan letak kelima Tab tersebut yang berada di bagian bawah tampilan aplikasi...
Pada Gambar di atas, di Bagian Bawah terdapat 5 Tab utama, yaitu... dari kiri ke kanan: 
1. Tab Feed, yang diwakili oleh ikon bergambar dua orang berjejer, 
2. Tab Listen, yang diwakili oleh ikon bergambar Headphone, 
3. Tab Sing, yang diwakili oleh ikon bergambar mic (mikrofon), 
4. Tab Notification, yang diwakili oleh ikon bergambar lonceng, dan 
5. Tab Profile, yang diwakili oleh ikon bergambar Orang setengah badan..

Berikut ini adalah penjelasan tiat-tiap Tab Utama pada Aplikasi Sing! Karaoke by Smule di Android:

1. Tab Feed

Seperti halnya facebook yang memiliki Tab 'Berita Terkini', Twitter yang memiliki 'Timeline', atau Blackberry Messenger yang memiliki 'Recent Updates', Aplikasi Sing! Karaoke juga memiliki hal serupa yang bernama Feed. Pada Tab Feed ini kita akan mendapatkan laporan terbaru dari orang-orang yang kita follow, misalnya saat dia menyukai (memberi like) atau mengomentari sebuat rekaman, saat dia membuat rekaman baru, saat dia Join pada sebuah rekaman, dan berita lainnya... Info tersebut berguna bagi kita karena selain kita bisa ikutan nimbrung, atau sekedar ikut menyukai, kita juga bisa ikutan Join apabila ada lagu yang kita suka... Nah pada Tab Feed ini juga ada ikon untuk mencari (menambahkan) teman. Perhatikan Gambar di atas, Pada bagian atas sebelah kanan, di bawah petunjuk jam, ada ikon 2 orang berdampingan dengan tanda plus di sampingnya. Klik ikon tersebut untuk menambahkan teman...

Cara Menambahkan Teman Facebook pada Aplikasi Sing! Karaoke by Smule

Masuk pada Tab Feed, lalu klik pada ikon tambahkan teman yang terletak pada bagian atas (lihat Gambar di Atas) maka akan tampak seperti pada gambar di bawah ini.

Kemudian Klik pada Facebook Friends... maka akan nampak seperti pada gambar di bawah ini:
Silahkan Anda tambahkan (follow) beberapa teman Anda sudah bergabung atau memiliki Akun Sing! Smule. Anda juga bisa mengundang teman lain untuk mendownload dan bergabung ke Smule.

Cara Mencari (Menambahkan) Teman Sing! Karaoke Menggunakan ID Username Yang Sudah Diketahui

Masuk pada Tab Feed, lalu klik pada ikon tambahkan teman yang terletak pada bagian atas (lihat Gambar di Atas) maka akan tampak seperti pada gambar di bawah ini.
Klik pada ikon Search (gambar kaca pembesar) maka akan tampak seperti gambar di bawah ini: 
Kemudian silahkan Anda ketik (masukkan) username yang akan Anda cari, misalnya benikey, setelah ketemu, silahkan Anda klik, maka Anda akan masuk ke halaman profilnya, yang kemudian bisa Anda follow atau sekedar mendengarkan beberapa rekamannya.

 2. Tab Listen

Namanya juga Tab Listen, pasti gunanya buat mendengarkan. Ya... pada Tab Listen ini kita disuguhi banyak rekaman, baik itu rekaman solo (sendirian) maupun duet. Kadang kita lagi gak mood untuk bernyanyi, dan hanya ingin sekedar mendengarkan rekaman terbaik dari para pengguna Sing! di seluruh dunia.
Sebetulnya Tab Listen pada aplikasi Sing! ini dibuat untuk menampilkan rekaman-rekaman terbaik, karena para pengguna yang membuka Tab Listen ini pastinya ingin mendengarkan suatu rekaman yang keren kan?, rekaman yang keren yaitu ditandai dengan banyaknya jumlah Play atau Jumlah Love, sehingga yang ditampilkan dalam Tab Listen tersebut kebanyakan memiliki jumlah Play ataupun Love yang banyak. Logikanya, semakin banyaknya love atau Play maka kemungkinan besar penampilannya bagus, dan banyak diputar. Namun kenyataannya tidaklah demikian, banyak yang tidak sesuai harapan, dan ada yang aneh, yaitu, jumlah Play dan Love ada yang terlihat janggal. Sebagai contoh, Jumlah Play hanya 100, tetapi jumlah Love mencapai 500 lebih. Dimana letak keanehannya??? begini... untuk memberikan Love, kita harus mendengarkan rekaman tersebut terlebih dahulu, setelah itu barulah kita beri love. Nah, apabila ada rekaman yang memiliki jumlah Play 100 artinya rekaman tersebut hanya dimainkan (didengarkan) sebanyak 100 kali, sehingga jumlah love maksimal seharusnya ada 100. nah, kalau jumlah love-nya mencapai 500, berarti yang 400 adalah penilaian yang tidak fair karena memberikan love tanpa mendengarkan terlebih dahulu, dan entah bagaimana caranya bisa memberikan love tanpa mendengarkan terlebih dahulu. Akhirnya... berkali-kali saya kecelek, niatnya pengen ndengerin rekaman keren, saya coba listen pada rekaman yang memiliki jumlah love ratusan hingga ribuan,  setelah saya dengarkan... Ancur Gan... sampai ngakak saya... lebih bagusan suaranya si Doraemon nyanyi... dan itu tidak hanya satu rekaman, tetapi ada banyak.. setelah saya perhatikan, ternyata jumlah Play-nya hanya puluhan. Saat itu saya mulai merasa ada yang janggal, dan kapok... Gak pernah lagi saya masuk Tab Listen... mending ndengerin rekamannya teman atau temannya teman...
Walaupun tidak semuanya demikian, ada banyak juga sih yang masuk Tab Listen memiliki rekaman yang keren dan enak untuk didengarkan, namun yang suaranya ancur dan terlihat janggal jumlahnya juga tidak sedikit. Silahkan Anda coba sendiri dan perhatikan, pasti Anda juga akan ngakak...

3. Tab Sing

Pada Tab Sing ini kita disuguhi berbagai lagu yang masuk ke dalam kategori-kategori tertentu, lagu-lagu tersebut tidak semuanya bisa dinyanyikan oleh pengguna non VIP, namun ada banyak pula yang bisa dinyanyikan secara gratis tanpa harus berlangganan VIP... Kategori-kategori tersebut antara lain:
Recommended: berisi lagu-lagu yang direkomendasikan ke kita, berdasarkan kemiripan dan kesamaan penyanyi dari lagu-lagu yang pernah kita nyanyikan, atau lagu-lagu rekomendasi dari orang yang kita follow. 
Top Hits: Berisi Lagu-lagu yang paling-sering dinyanyikan alias populer di kalangan pengguna Sing! Smule.
Community: Berisi lagu-lagu yang sedang tren di komunitas tertentu (Saya sendiri kurang begitu paham).
New: Berisi kumpulan lagu-lagu yang baru direlease atau diunggah (diupload) ke database Sing! Smule. Bukan berarti lagu baru lho... tetapi lagu yang baru masuk, misalnya saja Lagu Barbie Girl dari Aqua, itu lagu udah dari tahun 1997, tapi masuk kategori New karena baru masuk ke databasenya Sing Smule.
Free: Kumpulan lagu-lagu yang bisa dinyanyikan secara gratis oleh para pengguna non VIP,
Partner Artist: Berisi lagu-lagu dari para artis yang bekerjasama dengan Smule, artisnya asli lho... dan suaranya juga asli suara mereka, karena mereka (para artis) yang bekerjasama dengan Smule juga memiliki akun Smule, jadi kita bisa nyanyi duet bareng sama mereka. banyak yang free, jadi gak harus jadi member VIP.
Kids: Berisi kumpulan lagu anak-anak (dalam bahasa Inggris), International Nursary Songs
Classics: Berisi kumpulan lagu-lagu jadul.
Soundtracks: Berisi kumpulan lagu-lagu yang menjadi sountrack film Box Office terkenal.
K-Pop: Berisi kumpulan lagu-lagu korea.
VIP-Only: Berisi lagu-lagu yang hanya bisa dinyanyikan oleh pengguna yang berlangganan VIP.
All Songs: Berisi semua lagu yang ada dalam database Sing Smule dari A sampai Z...
Dan Aneka kategori Genre seperti Pop, Hip Hop, Rock, R&B, dan Country.
Pada daftar lagu, silahkan Anda klik pada bagian gambar thumbnail untuk mendengarkan cuplikan musiknya, atau langsung Anda klik kotak Sing di sebelah Judul Lagu untuk langsung bernyanyi berkaraoke Ria..
Apabila Anda ingin mencari Judul Lagu atau Penyanyi tertentu, Anda bisa klik ikon Search pada bagian atas (ikon gambar kaca pembesar), lalu ketikkan nama penyanyi atau judul lagu yang Anda cari, misalnya saja Anda ketik Glenn Fredly, maka akan muncul semua lagu yang dinyanyikan oleh Glenn, dan pilihlah lagu yang akan Anda nyanyikan...

4. Tab Notifikasi

Tab Notifikasi berisi pemberitahuan apabila Ada aktivitas yang berkaitan dengan kita atau apabila ada undangan Duet (Open Call).
Pada Tab Notifikasi, Terbagi menjadi 2 Sub Tab, yaitu Sub Tab Activity Dan Sub Tab Invites...

Sub Tab Activity

Sub Tab Activity berisi pemberitahuan apabila ada aktivitas pengguna Sing Smule yang berkaitan dengan akun kita, misalnya... :
Apabila ada yang menyukai (memberi love) atau berkomentar pada rekaman kita (baik solo maupun duet),
Apabila ada yang mem-follow kita,
Apabila ada yang Join (bergabung untuk berduet) pada Open Call yang kita buat, 
Apabila ada yang menyebut kita (mention) dalam sebuah komentar (walaupun komentar tersebut bukan pada rekaman kita), dalam Invitation (Undangan Berduet), dan Personal Message pada halaman profilnya...

Sub Tab Invites

Sub Tab Invites pada aplikasi Sing! Karaoke by Smule ini berisi notifikasi apabila ada yang mengundang Open Call (mengajak berduet). Sub Tab Invites ini terbagi menjadi 2 kategori, yaitu Public Invites dan Direct Invites

Pada gambar di atas adalah contoh Public Invites, kita tidak perlu begitu ambil pusing apabila kita mendapat notifikasi Public Invites ini, karena undangan berduet tersebut tersebar secara umum ke semua teman (follower) si pengundang. Jadi, kalau kita mau nyanyi dan tahu lagunya maka kita bisa join (menanggapi dengan bernyanyi), tapi kalau kita gak tahu lagunya atau pas lagi gak ada mood untuk bernyanyi, ya abaikan saja... Gak masalah...
Pada notifikasi ini kita juga mendapatkan rekomendasi Open Call dari pengguna lain yang tidak kita follow. Aplikasi Sing! merekomendasikan Open Call tersebut berdasarkan lagu-lagu yang pernah kita nyanyikan sebelumnya. Notifikasi ini tidak muncul dalam notifikasi yang sebenarnya, namun rekomendasi Open Call ini hanya muncul saat kita kita membuka Notifikasi Public Invite, itu pun letaknya di bagian bawah.

Nah, pada gambar di atas adalah contoh Direct invite. Direct Invite adalah fitur atau aturan main dimana seorang follower bisa mengundang orang yang difollownya. Fitur ini sebetulnya sangat menarik apabila setiap pengguna bisa memahami situasi yang sebenarnya. Saat Anda memfollow seseorang dan melakukan Direct Invite untuk mengundangnya berduet dengan Anda, sadarilah bahwa orang yang Anda follow tersebut bisa saja memiliki ratusan hingga ribuan Direct Invite pada saat bersamaan yang tidak mungkin bisa ditanggapi satu per satu. Jadi harap Anda maklumi apabila dia tidak menanggapi undangan Anda. 
Orang yang melakukan Direct Invite untuk Anda sudah pasti dia adalah Follower Anda. Hanya dengan melakukan beberapa klik atau mencentang langsung username Anda maka Anda akan memperoleh notifikasi undangan Direct Invite. Logikanya sih seharusnya Anda bisa mengabaikan undangan tersebut karena yang mengundang adalah follower kita. Namun terkadang ada rasa sungkan dan tidak enak hati kalau tidak menanggapinya...
Sebagai contoh pada gambar di atas saya mendapatkan Direct Invite dari seseorang yang sepertinya penyanyi profesional (terlihat dari jumlah followernya yang ribuan). Padahal lagunya yang berjudul "Yesterday", saya tidak begitu menguasai, dan tipe vocal saya tidak cocok dengan lagu tersebut. Tetapi saya berusaha mempelajarinya dan kemudian Join.... Hasilnya???   bener-bener ancurrrr.... hahaha, tidak apa-apa, yang penting saya sudah berusaha...
Silahkan baca lebih jauh tentang kelebihan dan kekurangan fitur Direct Invite ini pada Sub Bab "Tips Menjaring Follower" di bagian akhir artikel ini.

5. Tab Profil

Inilah Tab yang paling sering kita buka. Tab Profil ini menampilkan tentang profil kita sebagai pengguna Sing! Karaoke. Halaman Profil inilah yang sedikit menentukan seberapa besar kemungkinan orang akan memfollow kita setelah mengunjungi profil kita. Ada banyak hal yang bisa dilakukan oleh orang yang membuka profil kita. Yaitu melihat foto profil kita, melihat username kita, melihat jumlah follower dan following,  Membaca pesan singkat, dan yang paling penting adalah mendengarkan beberapa rekaman kita pada Sub Tab Recording (sekarang jadi Channel). Apabila suaramu dirasa keren, maka tak segan-segan dia akan memfollow kita dengan harapan bakalan bisa duet nyanyi bareng. Setelah itu barulah dia akan membuka Sub Tab Open Calls (sekarang jadi Invites), dan mencari lagu yang mungkin ada yang dia suka. Beruntunglah kalau dia sampai Join di salah satu Open Calls yang kamu buat.
Untuk itu, pasanglah foto dan Pesan singkat semenarik mungkin... 

Tab Profil umumnya memiliki 2 Sub Tab, yaitu Sub Tab Recording (Channel) dan Sub Tab Open Call (Invites). Namun ada juga halaman Profil yang memiliki Sub Tab Songs, seperti milik saya pada gambar di atas. Sub Tab Songs Muncul apabila akun tersebut pernah menyumbang (upload) lagu ke database Sing! Smule.

Sub Tab 'Recording' (update: Sekarang 'Channel')

Gambar di atas adalah Sub Tab Recording, berisi semua rekaman yang pernah kita buat, baik itu rekaman kita sendiri, Open Call yang kita buat, maupun rekaman hasil dari kita Join ke Open Call orang lain.

Sub Tab 'Open Calls' (update: Sekarang 'Invites')

Yang dimaksud dengan Open Call adalah ajakan untuk berduet bagi siapa saja yang mau. Duet disini bukan berarti nyanyinya bareng dalam waktu yang bersamaan. Repot kalau gitu mah harus janjian dulu... Tapi duet disini bernyanyi secara terpisah. Orang yang membuat Open Call (mengajak Duet) akan menyanyikan bagiannya terlebih dahulu yang kemudian di save dan ditampilkan dalam Sub Tab Open Calls ini. Setelah membuat Open Call akan ada pilihan untuk melakukan undangan ke semua follower atau undangan melalui Direct Invite ke orang-orang yang kita follow. Orang yang diundang tersebut akan mendapatkan notifikasinya. Sehingga ada tiga cara untuk Join ke Open Call, yaitu melalui undangan (Baik Direct maupun Public), melalui kunjungan profil, dan melalui Sing (nanti akan saya jelaskan lebih lanjut). Dua pilihan terakhir menjadikan kita sebagai tamu tak diundang, si pembuat Open Call akan terkejut apabila tiba-tiba ada yang Join selain Followernya. Tak masalah, justru dia akan senang...
Pada Sub Tab Open Calls ditampilkan semua Lagu ajakan untuk berduet. Apabila kita mengunjungi profil orang lain, kita bisa langsung join atau melihat dahulu penampilan dari beberapa orang yang sudah Join sebagai pembanding, seperti yang terlihat pada gambar di bawah ini. Lagu-lagu pada Tab Open Calls (Invites) akan menghilang dari tab tersebut apabila sudah Closed (sudah tidak aktif), Namun kita masih bisa menemukannya pada Tab Recordings (Channel). Lagu-lagu yang Open memiliki masa aktif tertentu tergantung siapa yang membuatnya. Apabila yang membuat Open Call adalah pengguna biasa maka hanya akan memiliki masa aktif selama 2 hari, sedangkan apabila pembuatnya adalah member VIP maka akan memiliki masa aktif selama 7 hari. Dan apabila pembuatnya adalah Artis yang bekerjasama dengan Smule, bisa memiliki masa aktif hingga 1 tahun.

 Sub Tab Songs

 
Sub Tab Songs ini hanya akan muncul apabila kita pernah mengupload lagu ke database Sing! Smule, dan lagu tersebut akan ditampilkan pada Sub Tab Songs sebagai penghargaan dari kontribusi kita...
Demikianlah penjelasan lengkap tentang User Interface aplikasi Sing! Karaoke by Smule. Setelah menguasai aplikasinya, kini waktunya untuk beraksi alias bernyanyi... Apabila Anda kesulitan menggunakan aplikasinya, berikut ini adalah panduan lengkapnya...

3 komentar:

  1. Ternyata tulisannya Mr.Ben to ini 😂

    BalasHapus
  2. salam kenal min, saya pengguna smule udah lama, saya pake dua handphone dengan id dan account yg sama, yg satu saya pake android dan satu lagi pake ios, yg bikin bingung…, di android smule saya udah vip, tapi pas dibuka di iPhone kok harus berbayar lagi…???, dg arti kata semua fasilitas vip ngga bisa saya pake' padahal account smule nya sama dg yg di android.., mohon solusi nya min..., makasih...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa.. register aja pakek android.. open smulenya dr web tapi.. jgn di apk nya.. VIPnya bs dipake di ios dan andro..

      Hapus